Studi Tunjukkan Asupan Garam Berlebihan Tingkatkan Risiko Diabetes

 

 

Thebrandbat.com – Mengkonsumsi garam terlalu berlebihan tidak hanya tekanan darah tinggi atau hipertensi tetapi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Penelitian menyatakan bahwa setiap 2,5 gram garam ekstra atau sebanding dengan setiap gram sodium ekstra yang dimakan perhari maka menimbulkan peningkatan hingga 43% lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2.

Orang yang mengkonsumsi lebih dari 7,3 gram garam dalam sehari memperlihatkan peningkatan risiko sekitar 72% dari pada orang yang mengkonsumsi kurang dari 6 gram perharinya, seperti dikutip dari The Indian Express.

Menurut seorang peneliti Institute of Environmental Medicine (IMM) di Swedia, Karolinska Institutet mengatakan ada 40 persen garam memungkinkan memberi efek langsung pada resistensi insulin yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi serta penambahan berat badan.

Mengkonsumsi garam yang terlalu banyak juga dihubungkan dengan risiko tinggi pengembangan Latent Autoimmune Diabetes in Adults (LADA), suatu jenis diabetes tipe 1 dimana sel yang menghasilkan insulin pada pankreas dileburkan oleh sistem imunitas tubuh itu sendiri.

Peneletian tersebut memperlihatkan bahwa pengaruh dari asupan sodium pada risiko peningkatan LADA menjadi lebih besar, dengan mencapai 73% pada setiap gram sodium yang masuk pada tubuh perharinya. Pasien yang memiliki genotipe leukosit berisiko lebih tinggi atau Human Leucocyte Antigen (HLA) yang kandungan sodiumnya dikelompokkan tinggi (>3,15 gram perhari) mencapai empat kali lebih memungkinkan meningkatkan LADA dibandingkan orang yang mengkonsumsi sodium rendah (<2,4 gram perhari).

“Kami mengonfirmasi hubungan antara asupan sodium dan diabetes tipe 2 di mana asupan sodium yang tinggi dapat menjadi faktor risiko LADA, terutama pada pembawa genotipe HLA berisiko tinggi,” ungkap Bahareh Rasouli dari IMM di Lisbon.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*