Manfaat Nasi Cokelat Untuk Penyakit Kardiovaskuler

 

 

 

 

Thebrandbat.com – Brown rice berbeda dengan nasi putih, nasi ini berasal daru beras yang hanya dihilangkan sekamnya saja dan tidak diubah menjadi beras putih. Sehingga brown rice mempunyai lebih banyak kandungan serat dari pada nasi putih dan juga menjadi sumber antinutrein yakni seperti asam fitat serta kemungkinan mengandung logam berat bila tumbuh pada daerah yang tercemar.

Mengkonsumsi nasi putih akan mempunyai dampak negatif pada keseimbangan gula darah. Disamping itu, nasi cokelat biasanya dinilai menjadi makanan rendah glikemik yang bermanfaat untuk mengatur gula darah.

Tidak hanya memberikan nutrisi dan energi, tidak ada lagi manfaat lain dari nasi putih. Berbeda dengan brown rice, dengan mengkonsumsi nasi cokelat ini dengan teratur akan berkhasiat bagi kesehatan jantung.

Studi pengamatan sudah mengaitkan mengkonsumsi biji-bijian dengan risiko kematian yang disebabkan penyakit jantung. Penelitian yang melibatkan 86.190 orang pria selama jangka waktu 5,5 tahun.

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa mereka yang mengkonsumsi satu porsi atau lebih sereal gandum setiap harinya berisiko 20% lebih rendah mengalami penyakit radiovaskuler dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi biji-bijian.

Penelitian melibatkan 75.521 wanita selama 10 tahun menunjukkan mengkonsumsi nasi cokelat berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskular. Penelitian tersebut hanya menggunakan metode pengamatan dan hanya memperlihatkan kaitan antara biji-bijian dengan kesehatan tetapi tidak bisa memberikan bukti penyebabnya. Brown rice mengandung beberapa nutrisi sehat bagi jantung seperti mineral, antioksidan, lignan serta serat makanan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*