Kebiasaan Merokok Dapat Sebabkan Anak Lahir Pendek dan Bodoh

 

 

 

Thebrandbat.com – Kebiasaan orang tua yang gemar merokok bisa menyebabkan anak yang dilahirkan mengalami stunting atau pendek. Hubungan merokok dengan stunting bukan hanya lantaran asupan makanan yang kurang bergizi semenjak anak dalam kandungan sampai lahir, namun juga ketika si anak telah tumbuh dan berkembang.

Kepala Departemen Ilmu Ekonomi FEB Universitas Indonesia, Teguh Dartanto mengungkapkan gaya hidup orangtua perokok dibuktikan dapat mengurangi pembelian asupan makanan bergizi bagi anak. Kejadian ini lebih banyak dialami oleh para keluarga miskin.

“Rokok itu bersifat adiktif, yang membuat kecanduan. Sebagian pengeluaran rumah tangga ternyata buat beli rokok. Ada pengurangan kebutuhan membeli asupan makanan bergizi, seperti karbohidrat dan protein,” ungkap Teguh ketika mempresentasikan hasil penelitian terkait “Rokok, Stunting, dan Kemiskinan” di Four Points by Sheraton, Jakarta, pada Senin (25/6/2018).

Hasil penelitian itu dilakukan oleh Tim Pusat Kajian Jaminan Sosial Universitas Indonesia (PKJS-UI). Para peneliti berhasil membuktikan dampak mengkonsumsi rokok pada kemiskinan serta fenomena stunting di Indonesia.

Penelitian menganalisa data yang bersumber dari Indonesian Family Life Survey (IFLS) tahun 2007-2014. Dampak merokok bagi anak yang menimbulkan stunting tampak pada berat serta tinggi badan anak yang lebih rendah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*