Jangan Malas Menggosok Gigi, Begini Resikonya

 

 

 

Thebrandbat.com – Sudah menjadi kewajiban dan kebiasaan bahwa minimal dalam sehari menggosok gigi sebanyak dua kali, yakni setelah makan dam sebelum tidur. Tetapi pada umumnya banyak orang yang melewatkan menggosok gigi ketika malam hari menjelang tidur.

Yang terlintas dlam benak kalian mungkin bila melewatkan kebiasaan tersebut tidak akan menimbulkan masalah apapun. Tetapi. studi terbaru menunjukkan bila melewatkan kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur dan berulang-ulang kemungkinan akan menyebabkan bahaya yang serius.

Sebuah penelitian yangh diterbitkan pada jurnal Cancer Research tersebut mengaitkan masalah gusi yang terjadi karena tidak menggosok gigi dengan penyakit kanker esofagus yang merupakan suatu kanker yang menyerang tabung panjang otot yang mengaitkan mulut dengan perut.

Para peneliti melibatkan sekitar 122.000 orang partisipan yang diperiksa mulutnya setelah sepuluh tahun dan hasilnya terdapat 106 orang menderita kanker esofagus.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang menderita kanker esofagus mempunyai kadar bakteri tertentu yang lebih banyak pada keadaan mulut mereka. Bakteri yang juga dihubungkan dengan masalah gusi ini bernama Tannerella forsythia dan Porphyromonas gingivalis (Tannerella forsythia) dihubungkan dengan adanya peningkatan risiko sebesar 21 persen menyebabkan penyakit kanker esofagus.

Dua bakteri tersebut dapat mengalami pengendapan pada gusi bila rongga mulut tidak dibersihkan secara rutin dengan menggosok gigi serta juga dapat menyebabkan potensi mengalami masalah gigi meningkat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*