BPOM Agendakan Tiga Pemberantasan Obat Ilegal

 

 

 

 

Thebrandbat.com – BPOM RI (Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia) akan mengadakan Forum Koordinasi yang bertema “Aksi Nasional Lintas Sektor Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat”.

Pada acara tersebut, BPOM RI mendatangkan pihak Kemendagri, Kemenkominfo, Kepolisian, Kejaksaan Agung, Badan Narkotika Nasional, serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito mengatakan pemusatan pada tindakan nasional tersebit lebih fokus pada life cycle mulai dari produk ilegal sampai konsumsinya.

“Dari masuknya bahan baku, produksi, atau masuk dalam bentuk barang jadi yang ilegal. Jadi lintas sektornya sangat banyak,” tutur Penny, Jumat (26/1/2018).

Pada tindakan tersebut, ada tiga teknik yang diagendakan oleh BPOM RI yakni strategi pencegahan, strategi deteksi, serta strategi respons.

“Sinergi yang dilakukan BPOM RI dengan pihak terkait harus dilakukan strategis, konsisten dan persisten,” kata Penny mengenai pemberantasan obat ilegal.

Dengan tindakan nasional ini, Ketua BPOM RI, Penny K. Lukito mengatakan keikutsertaan masyarakat pada strategi pencegahan. Tidak hanya itu, para pelaku usaha juga mempunyai peran yang tidak kalah penting.

“Jangan sampai bahan baku jatuh ke tangan yang harusnya ada di mereka (pelaku usaha), tapi malah masuk ke operasi ilegal,” kata Penny.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*