Begini Saran Kemenkes Terkait Difteri Meningkat

 

 

Thebrandbat.com – Berdasarkan dari data Kementerian Kesehatan sudah ada sekitar 95 kabupaten atau kota dari 20 provinsi yang telah melaporkan kasus difteri hingga bulan November 2017 kemarin. Kemudian, dari bulan Oktober sampai November 2017 terdapat 11 propinsi yang juga membuat laporan mengenai Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri.

Provinsi dengan KLB difteri diantaranya Sumatera Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Selatan, Kalimatan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Kementerian Kesehatan RI menyarankan kepada masyarakat supaya mengecek status imunisasi anak-anaknya. Apakah status imunisasi, termasuk pula difteri telah sesuai agenda atau belum.

“Jika belum lengkap, agar dilengkapi,” ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Oscar Primadi di Jakarta mengutip rilis Sehat Negeriku, Senin (4/12/2017).

Tidak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk melakukan pola hidup sehat dan bersih dalam kegiatan sehari-harinya. Jika terdapat salah satu anggota yang mengalami demam dan nyeri ketika menelan kemudian terdapat selaput putih keabuan pada tenggorokannya maka harus secepatnya diperiksakan ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

“Masyarakat perlu mendukung dan bersikap kooperatif jika di tempat tinggalnya diadakan ORI (Outbreak Response Immunization) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota setempat,” ungkap Oscar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*