Bagaimana Reaksi Tubuh Bila Menelan Permen Karet ?

 

 

Thebrandbat.com – Sejak kecil kita selalu diperingatkan ketika memakan permen karet untuk tidak menelannya. Pada umumnya, semua orang takut bila permen karet akan menempel pada perut dan tidak dapat keluar. Permen karet memang dibuat untuk tidak ditelan.

Permen karet memiliki kandungan pewarna, gula, wewangian, lemak, resin, lilin, elastomer serta pengemulsi. Ketika tertelan permen karet maka organ lever lah yang pertama kali akan memproses kandungan-kandungan yang terdapat pada permen karet sebelum terjadi alergi.

Lalu, apa yang terjadi bila tubuh menelan permen karet ?

Ketika sampai di perut, asam alami yang terdapat pada perut atau hydro chloric acid menyisihkan bahan tertentu yang ada pada permen karet. Biasanya gula, gliserin serta zat penyedap seperti minyak peppermint akan disisihkan. Setelah sampai pada usus, permen karet akan keluar dari sistem tubuh dan untuk mengeluarkannya membutuhkan waktu sekitar 25 hingga 26 jam.

Bila tubuh tidak berhasil mengeluarkannya dalam satu hari, maka segera untuk berkonsultasi pada dokter terlebih bila mengalami suhu tubuh yang tidak normal. Bila tubuh menelan permen karet maka tubuh juga akan mengalami kesulitan untuk menanganinya serta akan berpengaruh pada tekanan darah.

Dan reaksi tubuh untuk mencoba menghilangkan atau menyingkirkan permen karet adalah dengan cara diare, mual bahkan muntah. Dan beberapa orang akan mengalami ruam dan juga gatal karena permen karet juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Oleh karena itu, bila mengalami hal tersebut maka segera berkonsultasi pada dokter.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*